Monday, April 30, 2018

Solusi Kerusakan Tv Sharp Lampu Indikator Berkedip Hijau Terus


Assalamu’alaikum wr.wb

Hey…hey…hey.. selamat sejahtera kawan-kawanku serta saudara-saudaraku sekalian selamat datang kembali di Blogsaya ini semoga semua artikel yang sudah saya tulis ini bisa memberikan manfaat yang sangat membantu untuk kalian semua, dan semoga yang sudah membaca dan mempraktekan semua yang sudah  saya share semoga dapat kemuadahan.

Oke pada kesempatan kali  ini saya akan membagi sebuah pengalaman saya dalam memperbaiki televisi tabung, ya saat ini saya akan membagikan solusi kerusakan tv SHARP lampu led berkedip hijau terus.

Oke jadi pertama-tama yang harus dipersiapkan dalam memperbaiki tv adalah sesajennya dulu, hehehe yaitu Rokok, Kopi, dan cemilan. Ya pertama-tama yang dicek adalah saya cek elco elco yang ada disekunder dari regulator ternyata semua dalam keadaan bagus,  setelah itu saya cek B+ itu dalam keadaan drop yaitu terukur 40v dengan diiringi jarum avo meter gerak-gerak naik turun, lalu saya coba untuk mempaksakan tv untuk On dengan masuk sermod tapi ternyata masih nihil atau belum berhasil, lalu langkah selanjutnya saya coba open pin protek utama ternyata hasilnya juga sama saja belum membuahkan hasil,

Lalu saya coba cut B+ tegangan masih juga drop, untuk memastikan apakah flyback atau bukan yang rusak saya coba cabut flybacknya dan saya coba tes flybacknya dengan alat tes flyback yang saya miliki, dan ternyata flyback masih dalam keadaan bagus, berarti positif kerusakan ada di bagian primer dari regulator karena B+ dalam keadaan drop,

Lalu saya cek-cek lagi terutama di area sekitar STR nya, ternyata  ada sebuah elco kecil yang ada di sekitar STR itu dalam keadaan kering atau rusak, lalu saya coba ganti elconya dengan elco yang baru dan lalu saya tes dengan menyolokan steker ke listrik dan dan coba nyalakan ternyata lampu led nya udh marah melotot itu tanda-tanda kita berhasil hehehehe, lalu saya ukur kembali tegangan B+ nya dan ternyata tegangan udah normal, dan akhirnya saya sudah bernafas lega sambil nyruput kopi, hehehehe..  tapi itu keadaan b+ masih kita cut ya tadi, lalu saya coba hubungkan kembali yang saya cut itu dan ternyata tv malah protek, haduhhh.. bikin kepala jadi pening, hehehe tapi gak apa apa yang penting nyruput kopi dulu, 

Lalu saya oprek oprek lagi ternyata ditemukan dua buah elco 250v di out 180v nya dalam keadaan kering juga, lalu saya ganti kedua elco tersebut dengan yang baru, setelah itu saya coba nyalakan kembali tv nya dan akhirnya tv pun normal kembali dan bisa hidup kembali seperti  sediakala  dan cling,, akhirnya dapat bayaran hehehe,,

Jadi kesimpulannya dari pengalaman saya ini janganlah mudah menyerah dan harus lah teliti dalam mencari kerusakan  dari sebuah televisi, karena elektronika itu mengunakan hati untuk benar-benar  bisa menguasainya, oke semoga pengalaman saya ini bisa membantu klian dan semoga bermanfaat,
Sekian dari saya ,maaf  bila ada salah-salah kata dari saya, Terimakasih

Wassalamu’alaikum wr.wb


1 komentar: