Tuesday, April 24, 2018

Skema & Cara Membuat Sendiri Alat Penstabil Panas Solder

Asslamu'alaikum wr.wb
Halo kawan kawanku jumpa lagi kita di blog baru saya ini, bagaimana kabar saudara-saudara semuanya semoga selalu dalam kesehatan baik jasmani mau rohaninya ya, oke semuanya di kesempatan kali ini saya akan kembali menshare atau berbagi suatu tutorial lagi yang tentunya sangat membantu untuk kalian yang belum tahu, ya kali ini saya akan berbagi cara membuat ALAT PENSTABIL PANAS SOLDER,

Jadi alat ini digunakan atau difungsikan untuk menstabilkan atau menormalkan kembali panas solder kita, tentunya akan sangat kesulitan lagi jika ketika kita dalam mengerjakan atau memperbaiki sesuatau perlatan atau pesawat elektronika terus solder yang sedang kita gunakan itu dalam keadaan adem ayem atau pun anget-anget doang, jadi gak bisa untuk mlelehkan sebuah timah dengan baik, apalagi saat anda sebagai tukang servis tv, disaat menerima panggilan service  tv atau biasa yang disebut CALL JOB itu biasanya dirumah user tegangan listrik dari PLN itu kurang stabil atau tegangan turun yang diakibatkan oleh beban beban yang besar di rumah user itu, seperti kulkas,pompa air dll.

Ya alat ini digunakan atau difungsikan seperti stabilizer atau Stavol yang untuk menormalkan kembali tegangan dari listrik PLN itu, tapi, alat ini dugunakan hanya untuk beban solder saja ya, karena watt yang dihasilkan juga ga terlalu besar jadi gak akan mampu untuk menyetabilkan peralatan seperti setrika, dll. Karena itu membutuhkan daya watt yang besar, dulu saat pertama saya membuat alat ini saya melakukan percobaan untuk menstabilkan panas dari setrika, saat itu saya yakin sekali bahwa alat ini mampu untuk menstabilkan setrika seperti hal nya pada solder itu sendiri, saat pertama dinyalakan ternyata benar setrikanya jadi panasnya meksimal sekali, itu yang membuat saya sangat yakin sekali dengan alat ini, tapi pas dicoba buat nyetrika baju saya eh ternyata kain kain dan benang-benang yang ada dibaju itu jadi nempel semua ke besi yang ada disetrika itu, dan juga karena itu jadi baju saya yang masih baru itu seketika jadi jelek karena kain dan benangnya itu nempel semua di setrikaan, dan saat saya mau melepaskan sisa-sisa kain dan benang yang ada di setrika itu ternyata sangat lengket sekali dan sangat susah sekali di bersihkan dari setrikaan, nah jadinya setrikanya juga ga bisa digunakan kembali dech, hehehe jadi rugi malah. Oke jadi kalian bisa ambil pelajaran dari pengalaman saya itu, bahwa alat ini tidak bisa digunakan untuk beban yang berdaya besar. Jadi gunakan alat ini hanya untuk solder saja ya, atau juga bisa untuk menstabilkan panas dari lem tembak (glue gun).

Oke sebenarnya  ada dua skema yang akan saya bagikan kepada kalian, untuk yang pertama itu menggunakan trafo 2A, jadi rangkaian menggunakan trafo ini untuk men STEP UP tegangan dari listrik PLN, dan rangkaian ini outnya tetap AC dan juga rangkaian ini lebih aman dibanding dengan rangkaian penstabil solder yang kedua, dan rangkaian yang kedua itu menggunakan 4 buah diode dan sebuah elco bertegangan 400v jadi rangkaian ini bisa sangat ampuh menstabilkan panas solder kita, karena tegangan yang dihasilkan cukup besar jadi bisa membuat solder kita panasnya sangat maksmal, tapi kelemahan dari rangkaian ini adalah bisa cepat membuat elemen solder yang kita punya cepat putus dikarenakan akibat dari tegangan outnya yang cukup besar

Oke pertama saya akan memperkenalkan terlebih dahulu bahan bahan dari rangkaian yang pertama yaitu;
 1.Trafo 2A
2.Kabel AC
3.Saklar
4.Saklar Rotary
5.Vu AC
6.Kabel Secukupnya
7.Stop Kontak
Untuk skemanya kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini.

Dan hasil jadi nya akan seperti ini..


Jadi alat tesebut sudah saya buat video tutorialnya pada channel youtube saya silhakan KLIK DISINI
Atau langsung tonton video dibawah ini;


2. Untuk alat penstabil panas solder yang kedua bahan –bahan yang harus disiapkan adalah
a. 4 buah diode
b. Elco 1-100uF/400v
c. Kabel AC
d.Stop Kontak
dan untuk skemanya kalian bisa lihat pada gambar berikut dibawah ini;
ya oke temen temen sekian dulu artikel yang sudah saya buat ini, semoga ada manfaatnya buat kalian yang membutuhkan alatseperti ini, saya jamin panas solder kalian akan lebih maksimal dan hasil yang diperoleh lebih meyakinkan karena saya yang sudah merasakannya dan saya suka itu,
sekian dulu mohon maaf bila ada kesalahan kata dan ketik, karena saya juga manusia dan masih belajar.
Terimaksih..
 Wassalamu'alaikumwr.wb

3 komentar:

  1. Bagus sekali sangat membantu khususnya bagi yang Hobi juga bagi yang berkecimpung di dunia Elektrik maupun Elektronik.

    ReplyDelete
  2. Skema And Cara Membuat Sendiri Alat Penstabil Panas Solder ~ Haris Volt Elektronik >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Skema And Cara Membuat Sendiri Alat Penstabil Panas Solder ~ Haris Volt Elektronik >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Skema And Cara Membuat Sendiri Alat Penstabil Panas Solder ~ Haris Volt Elektronik >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete