Tuesday, May 1, 2018

Solusi dan Langkah-Langkah Mengatasi Kerusakan Tv Sharp Susah Star Dengan Cepat


Assalamu’alaaikum wr.wb

Hallo Saudara-saudaraku semuanya selama datang kembali di blog kesayangan kita yang akan memberikan banyaak ilmu yang berguna untuk kalian.

Pada kesempatan yang  sangat indah kali ini saya akan membagikan sebuah pengalaman saya dalam memperbaiki tv Sharp dengan kerusakan Susah Star atau gagal star.

Datang Sebuah tv Sharp CRT kebengkel saya dalam keadaan rusak dan kerusakannya itu adalah tvnya susah star, Langkah pertama yang saya lakukan dalam mengatasi problem ini adalah mengecek dengan melihat visual fisik pada komponen-komponen yang ada di mesin televisi itu apakah ada komponen yang gosong atau ada elco-elco yang sudah kembung, setelah saya lihat-lihat semuanya ternyata semua komponen masih terlihat indah mempesona semuanya, hehehe,, nyruput kopi dulu..

Langkah  selanjutnya saya nyalakan tv dulu dan ternyata ada suara cetik-cetik pada  mesin tv itu, wah kayaknya ini empuk nih, lalu saya coba open jalur B+ nya dan saya coba nyalakan lagi dan ternyata nihil atau masih gagal, dengan jiwa semangat dan pantang menyerah yang saya miliki, hehehe saya coba cek-cek lagi dan mengeluarkan alat-alat sakti yang saya miliki dan kali ini saya mengeluarkan ESR Meter yaitu alat untuk mengecek resistansi dari sebuah elco.

Lalu pertama saya cek cek semua elco yang terdekat dan yang Nampak semua dalam keadaan yang sangat sangat bagus karena jarum VU yang ada pada alat ESR meter ini menunjukan angka Nol semuanya itu pertanda elco masih dalam keadaan yang sangat bagus.

Tapi kali ini setelah saya melihat ada satu lagi elco yang belum dicek yaitu yang deket pada IC78r**, lalu saya cek dengan ESR meter ini dan ternyata benar elko tersebut mengalami kekeringan dan jarum pada esr meter ini tidak menunjukan angka nol dan itu pertanda elco sudah tidak bagus lagi dan wajib dilakukan pergantian, lalu saya coba ganti elco tersebut dengan elco yang baru yang tentunya masih dalam keadaan yang bagus, setelah sudah tak ganti dan menyambungkan kembali jalur B+ yang saya open tadi, tv pun kembali saya coba nyalakan.

Dan crakkk akhirnya tv pun dapat muncul gambar lagi dan saya running tes dan akhirnya berhasil tv pun dalam keadaan normal kembali dan kita kembalikan lagi kepada user yang punya tv itu untuk mendapatkan bayaran,, hehehe bisa buat beli kopi nih.

Dan itulah pengalaman saya dalam memperbaiki tv sharp semoga bisa menjadikan acuan buatkalian agar tidak pantang menyerah dalam menghadi kerusakan televise walaupun itu sangat sulit. Dengan modal tekad dan doa insyaAllah akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan usaha yang telah kita lakukan

Semoga bermanfaat, maaf bila ada kesalahan kata dan pengetikan semoga artikel ini bisa membawa manfaat buatkalian, Terimakasih telah mengunjungi blog ini

Wasslamu’alaikum wr.wb

0 komentar:

Post a Comment