Sunday, April 22, 2018

Cara Membuat Power Supply Tanpa Trafo

Assalamualaikum wr.wb
Hallo teman teman ku, kawan-kawanku, dan semua sahabat-sahabatku, sebelumnya saya ucapkan terimakasih dulu kepada kalian karena karena sudah mengKLIK halaman atau artikel saya ini,

yak temaan-teman, pada kesempatan kali ini saya akan  membahas tentang CARA MEMBUAT POWER SUPPLY TANPA TRAFO, jadi power supply ini sebenarnya sudah pernah saya buat tutorial cara membuatnya pada channel Youtube Saya,silahkan Lihat Videonya DISINI

Jadi power supply ini dapat kita buat dengan budget atau biaya yang sangat sedikit, tidak seperti kita saat membuat power supply dengan trafo yang bisa menguras duit di dompet kita, tapi kelemahan dari power supply ini adalah di output keluarannya itu kalo kita sentuh dapat membuat kita terkejut
( KESETRUM), KENAPA? sebab pada rangkaian ini untuk inputnya dari listrik PLN tidak menggunakan StepDown disini cuma menggunakan sebuah capasitor Non Polar saja, juga untuk outputnya biasanya max ampernya cuma 1A saja, tapi walaupun outputnya segitu ya lumayanlah untuk menyalakan sebuah peralatan peralatan elektronika yang ada disekitar kita,

Ohya di dalam power supply ini komponen yang paling terpenting adalah pada Dioda Dzenernya, Kenapa begitu? sebab dengan komponen ini lah tegangan outpunya bisa di atur, Misalkan Dioda Dzenernya bertegangan 12v maka otomatis Tegangan outputdari power supply ini adalah 12v begitu juga seterusnya, jadi dioda ini benar benar sangat penting dalam pembuatan power suplly tanpa trafo ini..

oke untuk bahan bahan yang harus dipersiapkan adalah:
1. Capasitor Milar 1uF/400v
2. 4 buah dioda silicon (dibuat jadi bridge)
3. Resistor 1M2
4. Dioda Dzener
5. Elco 1000uF-4700uF
 dan untuk skema kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini...
jadi pada gambar diatas merupakan skema yang sudah saya buat untuk power supply tanpa trafo ini. oh ya untuk dioda dzenernya kalian bisa memasangnya dengan tegangan yang kalian ingin kalian mau misalnya 5v ya berarti nanti outnya 5v.  untuk tegangan outnya itu otomatis menyesuaikan dioda dzener yang kita pasang.

Jika kalian ingin melihat cara saya membuatnya silahkan tonton video youtube saya di bawah ini

                                      
ya jadi kalian tinggal tonton saja videonya, jangan lupa Subscribe ya...
oke sekian dulu artikel kali ini semoga aja bermanfaat untuk kalian jangan lupa share ya artikel ini dan selalu berlangganan pada blog saya.. sekian terimakasih
wassalamua'alaikum wr.wb

3 komentar: