Sunday, April 29, 2018

Cara Mengukur Lilitan Dynamo Kipas Angin

ASSALAMUALAIKUM WR.WB
Selamat sejahtera rekan rekan ku semua buat tuser dan para master masterku yang saya hormati, selamatdatangkembali di blog kesayangan kita ini,

Ya disini saya akan membagian sebuah tips lagi ya tentunya dan pembahasan kali ini saya akan menjelaskan cara mengecek gulungan pada kipas angin.

Kemarin di facebook saya banyak sekali pertanyaan yang ditanyakan kepada saya tentng kipas angin, gimana cara ngecek gulungan kipas angin?, gimana cara cek fuse yang putus?, gimana cara memastikan gulungan normal atau tidaknya?, dll.

Pada dasarnya semua jenis dynamo kipas semua sama,, entah itu bermerk seperti MASPION, COSMOS, MIYAKO, dll mrk produk yang dikeluarkan oleh Negara Cina. Yang membedakan hanya tata letak Fuse dan wrna kabel saja, Dan didalam dynamo adalah gulungan yang disusun atau dililit secara seri.

Dalam dynamo kipas terdapat delapan buah lilitan yang dikeluarkan dari gulungan, yaitu 4in dan 4out. Kecepatan 3 speed jika semua dynamo dicek secara fisik masih bagus, As dan Bushing tdak kocak tapi tak mau berputar, atau hanya bergetar jika dipegang, atau harus dibantu tangan untuk memutarnya, padahala putarannya tidak seret ,mungkin itu ada gulungan yang putus di pertengahan gulungan atau prtemuan in dan out di tiap titiknya lepas dari solderannya,

Cara mengeceek gulungan kipas angin paling enak itu menggunakan Multitester yang Digital, karena kalo pakai Multitester yang Analog mungkin selisih hambatan gulungan tidak terlalu mencolok,

Berikut ini merupakan contoh gambarannya yang sudah saya siapin.










oke semoga bermanfaat maafbila ada salah-salah kata

2 komentar:

  1. Gagal paham om tentang gambar di atas
    Sebab saya sering dapet pasien hal yg serupa
    Tapi gk pernah nemuin jalurnya

    ReplyDelete
  2. Terimakasih Bang dengan pencerahannya, sangat membantu sekali.

    ReplyDelete