Tuesday, May 8, 2018

Cara Mengatasi Tv Sharp Crt Dengan Kerusakan Tidak Muncul Gambar


Asslamualaikum wr.wb

Di kesempatan yang bagus kali ini saya akan menshare sebuah pengalaman saya dalam menservis tv yang mungkin itu berguna buat kalian atau mungkin kalian juga pernah atau sedang mengalami kasus yang sama seperti pada artikel saya kali ini.

Ya kasus yang saya alami kali ini adalah tv bermerk sharp yang kasus gejalanya adalah tv nyala dan ada suara tv layar pada tv nya gelap  gak ada gambarnya. Jadi pas pagi menjelang siang saya kedatangan sebuah tamu servisan tv ini yang di bawa oleh user cewek cantik hehehe, disini saya dalam melayani user tersebut sangat grogi,hahaha, tapi saya mencoba untuk bekerja secara professional, jadi dengan gerak cepat saya membongkar tv tersebut dan usernya katanya gak mau pulang dan katanya mau nungguin saja sampai tvnya jadi karena katanya mau cepat dibawa pulang untuk menonton acara tv kesukaannya,

Oke jadi langsung saya bongkar lalu saya nyalakan, jadi karena kasus kali ini ga ada gambar jadi yang pertama saya amati disini adalah menerawang filament yang ada di leher tabung tersebut apakah nyala atau tidak, wah ternyata setelah diterawang tidak ada cahaya sama sekali, makanya tv tersebut tidak dapat mengeluarkan gambar sebagaimana semestinya. Jadi kemungkinan yang terjadi jika filamen ini tidak menyala adalah:
1. Resistor Heater putus
2. Jalur  heaternya putus
3. Flyback rusak
4. Pin heater putus

Jadi langkah pertama yang saya lakukan adalah mengecek tegangan heater pada pin heater yang ada di pcb matriksnya, dengan skala pada avo meter adalah 200VAC karena tegangan normal pada heater di tv tabung adalah 4-6VAC, setelah saya ukur dan ternyata kok tegangannya tidak ada sama sekali berarti disini ada yang putus,

Lalu saya balik pcb mesin tv ini dan wahhh, telah di temukan ternyata jalur pada heater ini mengalami korosi yang menyebabkan jalurnya jadi putus, penampakannya seperti pada gambar di bawah ini,


Jadi ga perlu waktu lama saya langsung membersihkan jalur heater yang korosi itu menggunakan cairan thinner supaya tidak ada lagi jamur yang menempel pada pcb dan digosok menggunakan sikat gigi ataupun kuas,
Setelah bersih langsung saya sambung jalur yang putus itu dengan manggunakan kabel yang tipis,jadi saat penyambungan ini sangatlah hati hati karena jalur heater yang ini sangat  tipis sekali jadi hati hati agar tidak terjadi short sirkuit antara jalur yang satu ke jalur yang lain, penampakannya seperti pada gambar dibawah ini,


Jadi setelah disambung saya langsung coba tv nya dan crooot tv pun bisa mengeluarkan gambar lagi seperti semula, dan bisa langsung dibawa pulang oleh user yang cantik itu, jdi dalam proses servis tv ini saya hanya memerlukan waktu pengerjaan Cuma 10 menit doang,

Oke sekian pengalaman servis tv dari saya semoga bermanfaat buat kalian, terima kasih karena telah berkunjung pada blog ini.

Wassalamu’alaikum wr.wb

0 komentar:

Post a Comment