Saturday, May 5, 2018

Solusi Kerusakan Tv CRT LG StandBy



Assalamu’alaikum wr.wb


Jumpa lagi kita dalam blog yang memberikan edukasi tips dan triks seputar dunia elektronika yang tentunya akan memberikan kemuadahan buat kalin yang belum tahuya…

Pada kempatan kali ini saya kedatangan sebuah tv LG 14’ dengan keluhan kerusakannya adalah mati Stand By. Pertama saya bongkar-bongkar dulu tvnya ya , terus kita analisa dulu dan lihat secara visual dari fisik fisik komponen yang ada di mesin tv ini dan ternyata semua masih dalam keadaan yang bening-bening dan mempesona. Hhhh sruput kopi dulu  bro…

Selanjutnya saya coba ukur ukur tegangan di out sekunder dari regulator, dan ternyata semua dalam keadaan normal, selanjutnya saya nyruput kopi lagi,hehehe,, lalu saya coba ukur disetiap pindari ic chroma yang ada di tv ini. Lalu saya memnumakan tegangan pada ic chroma ini dalam keadaan drop yang seharusnya 3v3 ini drop menjadi 2v5.

Dan ternyata biang keroknya adalah sebuah IC78dl05 yang dalam keadaan rusak, selanjutnya saya coba ganti ic78dl05 itu dengan yang baru dan saya coba nyalakan tv dengan mencolokan steker ke listrik dan ternyata tv masih belum hidup dengan lampu indicator melotot warna merah.

Lalu saya teringat dari pengalaman saya dahulu bahwa 78r08 adalah salah satu penyakit turunan dari tv merk LG ini, lalu saya coba shortkan pin input dan outputdari ic78r08 ini atau bisa dengan kata lain memaksa on tv ini, dan ternyata tv pun menyala dengan normal dan tanpa ada kerusakan lain lain lagi, dalam hatiku berkata jadi ic78r08 ini adalah biang krtknya, karena saya gak punya stok ini jadi saya beli dulu ketoko elektronik langganan yang ada didaerah saya, setelah saya dapatkan partnya dan akhirnya saya pulang dan lanjutkan pekerjaan tadi,

Lalu saya pasang lagi ic78r05 nya dengan yang baru dan siap siap tv nya nyalakan lagi dan akhirnya tv pun cling……. Dan hidup kembali dengan normal..
Jadi sekian dulu pengalaman saya dalam memperbaiki tv LG kali ini dengan keluhan tv nya mati standby, semoga bisa menjadi acuan untuk kalian dalam memperbaiki sebuah telivisi.
Semoga bermanfaat,maaf bila ada salah kata, dan selalu berlangganan ya pada blog ini
Terimakasih…


Wassalamu’alaikum wrr.wb

0 komentar:

Post a Comment