Tuesday, July 9, 2019

Cara Memperbaiki Tv Polytron Slim Tegangan Sekunder Drop


Assalamualaikum wr.wb

Hallo temen-temen semua, kembali lagi bersama blog saya ini, maaf yah jarang bikin artikel lagi, dikiranekanakan tak kira blog ini bakal sepi pengunjung, ternyata banyak juga pengunjungnya makannya saya mau bikin artikel baru lagi, karena banyak juga yang menyarankan saya membuat artikel lagi buat berbagi ilmu lagi

dan pada kesempatan ini saya mau berbagi kerusakan pada tv polytron slim dengan kerusakan tegangan sekunder drop.
jadi saya mendapati tv ini dengan servis panggilan di daerah sekitar saya, dan kebetulan kerusakan seperti ini sering saya alami dalam kehidupan saya sebagai tukang servis elektronika

jadi langsung saja ketika saya sudah sampai dirumah user saya langsung bongkar tv nya, setelah dibuka keadaan tv tersebut sangat kotor sekali, jadi saya bersihkan dulu menggunakan kuas
lalu saya copot kabel-kabelnya dan lihat secara fisik kondisi komponen-komponen yang ada di dalam tv tersebut, dan benar saja saya langsung tertuju pada komponen resistor R517 yang kondisinya sudah gosong dan kalau di cabut dan diukur sudah tidak terbaaca lagi nilainya



tanpa basa basi saya langsung mengganti resistor tersebut dengan nilai yang ngawur tapi dengan hasil pemikiran yang logis juga yah, jadi saya ganti resistor tersebut dengan ukuran 1k.
lalu saya rapikan kembali mesinnya dan saya uji coba nyalakan tv nya, dan ternyata tv nya langsung nyala, dan perasaan saya sangat senang sekali karena akan mendapat bayaran :D

jadi seperti biasa supaya tv nya agar lebih awet lagi saya cek juga elco elconya menggunakan ESR Meter Rakitan Sendiri, dan akhirnya banayak menemukan Elco yang sudah tidak layak pakai lagi.
setelah saya ganti semua elco yang rusak tadi saya langsung rapihin mesin dan tv nya, dan saya coba akhirnya byoor juga, dan running test selama 1 jam sambil ngopi dan ngobrol sama user nya
yang kebetulan dia adalah seorang janda, hehehehe...


oke temen temen sekian dulu pengalaman servis saya semoga bermanfaat yah

0 komentar:

Post a Comment